Warna-warni puncak Gn Taisen, Pref. Oita

Fukuoka, 23 Oktober 2016. Suhu yang sudah mulai turun namun belum terlalu dingin. Waktu-waktu seperti ini orang masih banyak menyebutnya 涼しい・suzushii (sejuk) dibandingkan 寒い・samui (dingin). Sejak dua minggu lalu, kami ber-13 merencanakan untuk naik gunung (登山・tozan) Taisen di Pref Oita. Gunung ini tidak terlalu tinggi, hanya 1786.2 mdpl namun banyak dicari pendaki karena indah pemandangannya saat musim gugur. Ada daun yang berubah warna jadi merah, kuning, oren, dari ketinggian terlihat bertumpuk-tumpuk dan berselang seling. Meski cuaca saat pendakian  terpantau tidak akan cerah, malah kemungkinan akan hujan dan sepanjang hari akan berawan. Karena persiapan sudah dilakukan beberapa waktu lalu, termasuk rental mobil pun sudah deal akhirnya kita tetap jadi berangkat. Berharap semoga ada kesempatan untuk mengagumi warna-warni Gn.Taisen dari puncaknya.

Kami memulai perjalanan dari Higashi-ku pukul 3.00 JST pagi, saya, Pak Andi, Mas Infal, Mas Dana dan Haekal adalah rombongan dari hakozaki. Dari Higashi-ku kami menuju ke Tenjin buat ngambil mobil yang udah di rental dari Nippon Rental Car, Nissan Serena dengan harga 16.000JPY plus 2000 JPY asuransinya. Karena semuanya ada 13 orang jadi kami berangkat dengan dua mobil. Setelah menjemput beberapa orang di bagian Nishi-ku, akhirnya sekitar pukul 4 pagi rombongan meluncur via TOL menuju Oita. Setelah melalui perjalanan cukup panjang, bahkan sampai salah keluar pintu tol, dan mampir sebentar di rest area Saga-ken untuk sholat Subuh, kami tiba di lokasi pendakian pukul 7:30. Sekitar pukul 7:45 tim bergerak memulai pendakian untuk sampai ke camping ground terlebih dulu. Di awal medan yang dihadapi cukup menantang, ada tanjakan curam ke atas untuk jarak tempuh 15 menitan. Setelah itu cukup landai dan datar sampai ke camping groundnya. Di tengah perjalanan tim sempat rehat sejenak dan berhenti di air terjun, berjarak 70 menit dari titik awal pendakian. Pukul 10 barulah kami sampai di lokasi camping ground yang tersedia toilet (tapi kondisinya kurang bersih), tempat BBQ yang keren, lengkap dengan suplai air bersihnya. Beberapa tenda kecil masih terlihat disana, sepertinya ada yang menginap untuk summit attack paginya. Di camp ground kami rehat sejenak, menikmati bekal ringan yang dibawa, beberapa teguk air, nasi kepal dengan abon, roti sandwich homemade, serta camilan lainnya. Suasana masih gerimis meski tidak begitu lebat, selama perjalanan dan di rumah BBQ kami selalu bertemu dengan pendaki lain, kebanyakan orang Jepang sendiri, dari bahasanya.

taisen-6
Rehat di Air terjun
taisen-4
Menikmati bentou di puncak Taisen

Waktu tidak banyak, kami harus tiba kembali ke titik awal sebelum petang datang, sekitar pukul 11 kami mulai pendakian ke puncak. Disini lah momen yang ditunggu-tunggu, melihat warna-warni momiji dari puncak. Medan pendakian ke puncak tidak terlalu terjal namun cukup menantang. Di beberapa titik ada pos penanda. Saat berada di tempat tinggi, pemandangan warna-warni momiji kian jelas terlihat. Hampir tepat pukul 13 siang akhirnya sampailah di puncak Gunung ini. LUAR BIASA INDAHNYA. “Asli, baru kali ini terkagum-kagum sampai level kayak gini”. Makin dipandang makin cantik. Pas banget kabut bergeser waktu kami sampai puncak, sekitar 20-10 menit lamanya. Meski tidak begitu cerah, tapi pemandangan tidak tertutup kabut sejenak. Puas dengan foto-foto dan ngambil beberapa shoot untuk video, kami turun ke bawah untuk nyari tempat melepas penat sambil membuka bekal makan. Seketika, cuaca pun jadi kembali berkabut lebat, angin juga terasa makin kencang. Sampai kami beranjak pulang, cuaca dari puncak sudah kembali tertutup kabut tebal lagi. Alhamdulilah masih rejeki untuk lihat pemandangan dari atas, momen yang langka untuk hari itu.

taisen-5
Girang karena sampe puncak

Pukul 2:35 kami beranjak meninggalkan puncak, kemudian singgah kembali ke camping ground untuk rehat sekaligus sholat, pukul 7 malam tim kembali ke Fukuoka. Malam di musim gugur datang lebih cepat, pukul 5-6 hari sudah gelap kami masih berada di lokasi pendakian. Beruntung sebagian ada yang membawa HP jadi masih ada penerangan selama perjalanan. Alhamdulillah semua tim selamat dan sukses mencapai puncak. Ini kompilasi video pendakian dari awal sampai turun. Enjoy !!