NET CJ : Semangat Citizen Journalist reborn !

Awal cerita sebenarnya saya sudah mengunduh apps NETCJ di HP kira-kira bulan Februari 2016. Saat itu ada seorang teman yang mengunggah video soal badai salju di Fukuoka, fenomena yang jarang banget terjadi, dan akhirnya ditayangkan di program NET10. Selain ditanyangkan tentu dapat honorarium juga. Wah kece kan, kece honornya yang pasti sih haha. Akhirnya saya pun ikut-ikutan upload video juga. Saya unggah video mochitsuki. Isinya campuran antara gambar dan video potrait dan lanskap. Setelah diupload, sampai Agustus 2016 nggak diapproved sama sekali. Wajarlah haha.

Setelah itu, akhirnya semangat Citizen Jurnalism pun memudar. Padahal dari Februari-Agustus 2016 banyak tempat yang dikunjungi seperti : 1) Shirakawa-Go Gifu, 2) Nabana no Sato-Mie, 3) Kastil Osaka, 4) Nokonoshima-Fukuoka, 5) Pasar Ikan Karato-Yamaguchi, 6) Hanami-Maizuru Fukuoka, 7) Ramadhan dan Lebaran-Fukuoka, 8) Taman bunga matahari-Yanagawa, 9) Gempa Kyushu- Kumamoto 10) Kelas membuat Sushi-Fukuoka dan lainnya. Sebagian malah sudah lupa haha. Dari sekian banyak momen dan kegiatan travelling itu, hanya 2-3 yang lengkap didokumentasi dalam bentuk video. Sisanya hanya jepret-jepret foto saja.

Balik jadi terobsesi NET CJ lagi. Pada 1 Agustus 2016 lalu, di Kota Fukuoka ada event menarik dan mungkin terbesar. Katanya 450.000 orang akan datang menyaksikan acara ini. Ya apalagi kalau bukan Hanabi Matsuri atau Festival Kembang Api. Dengan orientasi yang beda, bukan untuk liputan NetCJ lagi, saya memang prepared banget untuk shooting vlog. Kan sekarang jamannya vlog, mau ikut-ikutan juga ceritanya. Ya ampun labil emang ternyata. Akhirnya Vlog-pun jadi, dan viewnya sampai hari ini (13/8) belum sampe 100 views. Oke, nggak bakat disitu ternyata, harus cari jalan hidup lain 😄

Disampaing shooting vlog yang dominanya shooting sambil selfi, saya juga ngambil beberapa wideshoot sekitaran. Setelah upload vlog, barulah kepikiran untuk upload sekalian ke NETCJ. Beberapa hari setelah upload kemudian dapet notifikasi email dari redaksi NETCJ seperti ini :


Wih, serius nih ? Padahal videonya ala kadarnya banget. Maklum nggak niat buat liputan tapi buat vlog. Dan beneran ternyata, ada video saya di youtube NET News Official (Gambar yang paling atas).¬†Setelah itu barulah jadi semangat lagi nyari-nyari video di HP buat diupload lagi. Ada video pas lagi nonton Jleague, pas di museum robot Fukuoka dan video pasar ikan Karato di Yamaguchi. Yang pasar ikan itu, malamnya diupload eh, besoknya tayang lagi. Wow banget. Sementara dua video lain, yang video nonton Jleague sampai sekarang belum diapprove, mungkin karena semua shootnya jauh pas nonton bola, dan yang satunya lagi di museum robot berstatus “waiting for publish”


Honornya berape sih ? Pasti banyak yang penasaran soal hal yang paling penting ini. Berikut saya kopikan dari artikel di Jawapos :

Dalam negeri. Kategori bukan berita ekslusif dengan area peliputan di Indonesia Baik hardnews maupun news feature yang tayang di Net TV akan mendapat honor Rp 250 ribu.

Luar negeri. kategori bukan berita ekslusif dengan area peliputan di wilayah Asia akan mendapat honor Rp 500 ribu. Kategori bukan berita ekslusif dengan area peliputan di wilayah Eropa dan Amerika, Afrika, Korea Selatan, Jepang dan Arab Saudi nantinya diganjar bonus Rp 1 juta.

Sedangkan berita ekslusif dengan area peliputan di wilayah manapun, akan dibayar serendah-rendahnya Rp 1 juta hingga Rp 5 juta.

Berapa jumlah saingan/member NETCJ saat ini ? Saat ini kayaknya sudah mencapai 100.000 member dari 75 negara. Setiap harinya ratusan video diupload, dan tentu tidak semua akan tayang di NET news. Namun kans cukup besar jika memang nilai beritanya unik dan keren, apalagi jika di luar negeri yang tidak ramai WNInya, bisa banyak bahan untuk dieksplor. Lumayan biar rekening di Indonsia keiisi dan nggak sekedar dapet foto selfi kali abis dari jalan-jalan. Ayoo

13 comments

    • fadhil Post authorReply

      Kak Nunuz juga keren sama kelanaku.com-nya. Bertualang terus..

  1. Sari Reply

    Aih kepengen bisa dapat usng tambahan, kalau tidak diapprove dapat konfirmasi juga ngga Fadhil? Thanks ya

    • fadhil Post authorReply

      Nggak dapet konfirmasi. Cuma bisa dilhat dari status divideonya “waiting for approval”, nggak berubah jadi “waiting to publish”

      • Sari Reply

        Hihi iya mas thanks infonya, saya kirim satu video lamaaa bgt ga Ada info dan Sudah tau deh alasannya knp ke reject Krn hanya 20detik videonya

        • fadhil Post authorReply

          Hoho. Mungkin itu alasannya. Usahakan minimal 50 detik mbak atau lebih panjang lebih baik. Saya sudah 7 yang published Alhamdulillah. Selamat mencoba

  2. deka Reply

    Mau tanya ni kak, saya belum pernah upload video. Nah untuk narasi beritanya nanti ada kolom khusus atau bagaimana? Karena saya baru tahapan upload video. heheh…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *