Beralih ke VLOG ??

Tahun lalu, masih inget niat buat ngisi blog perminggu satu tulisan, alhasil kalau dilihat di menu “All post” di dashboard yang tertahun 2016 ada sebanyak 22 postingan, dimana lebih detilnya adalah 10 terbit/dipublikasi dan sisanya masih nunggu di draft, bahkan sebagian cuma judul doank trus masuk draft. Oh nasib emang, niat sudah bagus, eksekusinya udah dimulai cuma konsistensi yang amburadul haha. Klise memang ya, makanya amalan (kebaikan) yang istiqomah/konsisiten itu emang susah dan makanya Allah mencintainya #tsaaah.

Mengamati tren media sosial kini, kayaknya memang begitu dinamis. Sekitar tahun 2013, seingat saya, mungkin sebagian sudah mulai jenuh dengan fesbuk dimana temen bisa 3-4 ribu tapi paling yang benar-benar kenal hanya ratusan. Ditambah lagi dengan akun-akun “temen” yang suka ngeshare link dan berita hoax baik itu soal agama, politik, berita nggak karuan, masukin ke grup nggak jelas dan lainnya. Setelah sempat jenuh, eh ternyata fesbuk berinovasi terus dan meluncurkan video baik autoplay video yang sering kita liat di timeline kita ataupun 360 dan live video. Fesbuk mengklaim ada 100 juta jam penayangan video per hari oleh usernya via HP. Akhirnya bisa dikatakan fesbuk mulai kembali jadi tempat “nongkrong” banyak orang.

Facebook users watch an average of 100 million hours of video on mobile every day. Daily views have increased from 1 billion to 8 billion in one year’s time. Text posts, meanwhile, are declining year on year (Facebook VP Nicola Mendelsohn)

Anggap saja hari ini banyak yang lebih menyukai media penyampaian via video, dibandingkan 100 baris tulisan kecil-kecil yang juga seringkali dishare via WA, scroll scroll beress haha. Mungkin ini juga sebab Instagram mulai dapat tempat di hati para “pegiat media sosial” haha.

Gimana ? lumayan ilmiah kan alasan saya kenapa nggak ngeblog lagi hahahha #plak. Mengingat, menimbang, mengurangi timbangan, dan memperhatikan hal itu makanya saya juga coba beralih ke dunia VLOG. Ya tapi gitu deh, di dunia VLOG ini banyak yang harus dikerjakan bukan hanya riset soal bahan yang akan ditulis, tapi juga peralatan dan proses syuting, editing, dan semua ini bikin pening. Asik-asik aja lah, sesekali ngeBlog, sesekali ngeVlog.

Ngapain sih pusing-pusing bikin Blog atau Vlog ? ya seru-seruan aja deh. Mudah-mudahan cerita nggak jelas kadang bisa menghibur atau siapa tahu bisa mengispirasi wkwkwkkwk. Berkarya itu jangan takut, ia akan menemukan nasibnya sendiri. #tsah

Udah ah, intinya dari yang paling inti tulisan ini adalah ingin mempromosikan vlog #4 terbaru saya yaitu hanabian di Ohori koen Fukuoka, ini dia selamat menikmati ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *