[Video] Belajar Membuat Mochi Khas Jepang

Di Jepang, ada tradisi membuat mochi yang disebut “mochitsuki (餅つき)” biasanya diadakan di akhir tahun antara tanggal 25-28 Desember. Membuat mochi sebenarnya sangat simpel lho, saya juga baru tahu setelah di sini. Bahan yang diperlukan hanya : beras ketan/mochi (もち米) (yang lebih lengket teskturnya dari beras biasanya), pasta kacang merah untuk isi mochi/ anko (あんこ) dan tepung kacang kedelai atau kinako (きなこ) jika ingin menikmati mochi dengan rasa yang berbeda. Untuk peralatan yang  membuat mochi sendiri dibutuhkan : palu besar (kine) dan mangkuk besar yang terbuat dari kayu atau batu (usu).

 

Secara tradisional Jepang, mochi dibuat dengan cara merendam beras ketan semalaman (overnight), kemudian dimasak dengan cara dikukus. Setalah terlihat matang, beras tersebut dipindahkan ke usu dan dihaluskan dengan palu besar (kine) sampai tekstur berubah dan seragam. Setelah itu, adonan mochi dipidahkan ke meja yang ditaburi tepung agar adonan tidak menempel. Adonan mochi dibagi menjadi bagian kecil-kecil dan diisi anko di dalamnya. Kemudian mochi khas Jepang sudah bisa dinikmati. Bagian paling menarik saat membuat mochi adalah saat menghaluskan beras menjadi adonan mochi dengan palu. Ada 3 orang yang memukul adonan secara bergantian namun tentu harus dengan irama dan koordinasi yang baik agar tidak saling pukul *lho. Kok malah kayak tawuran haha. Jika ingin mencoba menikmati mochi dengan cara yang lain, bisa juga menaburkan kinako (tepung kacang kedelai) atau dengan daikon oroshi atau dengan sup zouni. Silakan pilih mana yang disuka.

Di Indonesia, saya akrab sekali dengan suara ini “Om mochi om, Om mochi om“. Dimanakah biasanya mendengar orang menjajakan mochi ?. Puncak atau Sukabumi kan ya, kadang-kadang di Bogor juga ada sih. Nggak tahu kalo di daerah lain juga ada. Saya belum pernah ketemu sih. Soal mochi, meski nggak suka banget, tapi ada beberapa kali pernah nyoba mochi khas Indonesia itu. Enak tapi belum pernah sengaja beli, seinget saya cuma “ngerampok” punya temen yang beli haha.

Saya dan beberapa teman berkesempatan untuk ikut acara mochitsuki, 27 Desember 2015 kemarin di Nata. Lokasinya tidak jauh dari Asrama Mahasiswa Internasional Kyushu Univ. Kashiihama hanya berjarak 3 statiun JR saja. Berikut video singkatnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *