Pastikan Bawa 10 Hal ini Sebelum Berangkat Studi Ke Luar Negeri

blog5
Tokyo Tower 2015 (Dokumentasi Pribadi)

Apakah kamu berencana berangkat studi ke luar negeri dalam waktu dekat ?? Eitss, jangan lupa siapkan 10 hal ini sebelum kamu menyesal saat sampai di negara tujuan di hari pertama, maaf curcol ya haha. Kebanyakan mungkin tidak tahu apa yang akan dihadapi di negara tujuan, apalagi pengalaman pertama akhirnya banyak yang lupa untuk ikut dimasukkan koper saat berangkat. Tulisan ini tidak mencakup hal seperti : paspor dan fotokopinya, atau berkas-berkas kuliah, dll. Ini dia 10 hal yang tidak boleh dilupakan versi saya :

  1. Uang Tunai. Jangan anggap remeh soal ini, semakin awal disiapkan akan lebih baik dibandingkan pas hari H baru buru-buru nuker di money changer sambil was-was mau check in. No guys. Jangan seperti itu. Minimal sebulan sebelum berangkat mulai cari tau nilai tukar saat itu, dimana money changer terdekat (kontak via HP aja bisa kok) sambil bandingin satu dan yang lain. Prediksi juga kebutuhan saat nanti di negara tujuan, minimal bawa jumlah yang cukup sampai kiriman datang.
  2. Makanan khas Instant. Sebagian akan menafsirkan makanan khas instant menjadi : mie instant, sambal terasi sachet-an, abon sapi, ikan teri masak apa itu namanya, deuh lupa sorry. Sebagian lain menafsirkan makanan Instant itu berupa rendang sapi, dan makanan “basah” yang awet dalam waktu lebih dari 1-2 minggu. Well, sesuai selera aja sih.
  3. Perlengkapan Ibadah misalnya Kopiah/Peci, Sajadah, Al-quran kecil, tasbih, mukena dll. Pas buka koper di apartemen baru, eh baru nyadar “Yah, lupa bawa Mukena“, ah ntar aja nyari di AEON Mall ah. Hahhaa, Maaf guys. Di Jepang nggak semudah itu hidup #nangis.
  4. Parfum dan kosmetik secukupnya. Umumnya setiap orang punya selera parfum yang unik dan khas. Percaya nggak sih, nyari deodoran yang pas aja susah di Jepang haha. Sebut saja yang mirip-mirip Rex**a gitu. Aaakk, kebanyakan kan kalo yang nggak biasa ganti-ganti style disini. Tapi, seiring berjalannya waktu, nanti akan nemu cara sendiri kok untuk mengatasi hal tersebut, entah nitip ke temen lah atau beli di Toko Indonesia Online.
  5. Colokan Universal. Saya sampai saat ini nggak tau apa nama “ilmiah”nya benda itu sebenarnya. Sebut saja colokan ya haha. Jangan lupa nih, walaupun bisa beli di negara tujuan nanti, tapi kalau pas di tengah jalan HP/PC mati dan butuh komunikasi kan bisa berabe urusan.
  6. Bendera Merah Putih dan Bendera/Identitas apapun yang penting buatmu. Alhamdulillah kemaren nggak kelupaan sama Sang Merah Putih. Pas momen Agustusan beli di pinggir jalan di Bogor dulu sebelum berangkat. Penting lho ternyata, misalnya untuk acara-acara tanding sepak bola (tarkam) bareng anak internasional, atau ada acara naik gunung dan mau ngibarin bendera di puncak, atau naek rumah orang dan ngirabin bendera saat momen 17 Agustusan hahaha. Selain bendera merah putih, temen saya anak Bandung juga bawa bendera Persib. Mungkin kamu punya identitas lain yang penting ? Jangan lupa dibawa ya
  7. Pakaian Adat (minimal Batik). Buktikan kamu punya pakaian adat sendiri guys hahha. Maksudnya buktikan kalo dimanapun kamu berada kamu tetap cinta sama daerahmu dan Indonesia. Saya kebetulan punya baju “tulak balange” yang tidak lupa dimasukin koper waktu ke Jepang. Di negera orang pasti sedikit banyak akan terlibat di acara cultural exchange gitu, baik yang diadakan oleh kampus, yayasan, pemerintah kecamatan/kota, sekolah bahasa dan lainnya.
  8. Buku bacaan. Jika kamu suka baca buku, apalagi doyan semacam novel dan lainnya siapkan stok yang memadai saat di Jepang karena akan susah dapet bacaan gituan disini. Boro-boro bahasa Indoenesia, bacaan bahasa Inggris aja susah dicari.
  9. Pakaian tebal dan tipis. Untuk negara seperti Jepang, yang punya musim panas dan dingin, pakaian seperti : baju lengan panjang, celana panjang, jika memang punya maka perlu di bawa serta. Pasalnya di musim dingin nggak kan bisa pake baju lengan pendek dan celana pendek, meskipun beraktvitas di dalam ruangan. Umumnya orang akan mengenakan pakaian serba panjang di musim dingin, dan pakaian pendek dan tipis di musim panas.
  10. Apapun yang membuatmu can not live wihout it lah. Tongkat selfiekah, atau boneka berbi  yang dikasih orang tua pas jaman SD, guling yang bikin tidur nggak nyenyak kalo nggak ada, atau gelas yang nggak mau minum kalo nggak pake itu, sikat gigi jaman SMA yang kamu sayangi #ekstrim parah hahaha. Apa aja ya guys, jangan lupa.

Itu dia 10 hal yang tidak boleh ketinggalan saat kamu berencana berangkat studi ke Luar Negeri (khususnya Jepang) atau berkunjung dalam waktu lama. Mungkin ada hal lain ? Komen di bawah ini ya. Sebenarnya hampir semua bisa dibeli dengan uang sih, tapi rela ??. Kalau punya kenapa mesti beli kan ? Lagipula masa-masa awal (sebulan) pertama biasanya adalah masa-masa sulit untuk anak baru, apalagi yang banyak ketinggalan 10 hal itu hehe. Sekian

 

3 comments

  1. Taufik Reply

    Wkwkw… apa yang lo ketinggalan? Gw dah suruh nuker jauh2 hari, baju2 hangat, makanan2 instant yang khas dan bawa lip ace. Hahaha… #emak2.

    Menurut gw penting juga bawa harga diri lu ya dil. Wkwkw. Barang2 kenang2an dari mantan jg bisa lah di bawa.

    • fadhil Post authorReply

      jam tangan, makanan instant, al-quran kecil, minyak wangi favorit gw. Many things lah. Untung aja uang cukup pas menit-menit terakhir wkwkwkwkk. Kalo baju malah banyak yg beli disini

  2. dilla Reply

    no 8. bacaan bahasa inggris gampang dicari. kalau abroadnya ke negara berbahasa inggris. Di Jepang sendiri saya malah nyaman dengan baca buku-buku berbahasa Inggrisnya, asal tau lokasinya. di Jepang buku bahasa inggris dapat dipinjam melalui perpustakaan, pengecekan buku pun bisa dilakukan via online (website kampus). atau bisa pula pergi ke toko buku (lupa namanya) selalu ada rak khusus berbahasa Inggris. dan kalau mentok, silahkan surving ke amazon.co.jp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *