Beasiswa LPDP : Pindah Universitas Tujuan Belajar

LPDPTopik berikutnyaaa… Setelah mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) dari kampus pilihan hati (cie cie #apasih hahahah), “Kyushu University (Kyudai)”, saya kemudian harus memikirkan untuk Permohonan Pindah Universitas ke LPDP. Kenapa ? Jika tidak ada pengajuan pindah universitas maka, LPDP masih menganggap kampus tujuan saya adalah sama seperti apa yang saya submit waktu pendaftaran dulu “The Univ. of Tokyo (Todai)”. Mekanisme untuk mengubah ini dengan mengajukan Permohonan Pindah universitas. Beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk pengajuan tersebut antara lain :

  1. Surat Permohonan Pindah dari Awardee (tidak ada format surat yang baku)
  2. Letter of Acceptance (dari kampus yang baru)
  3. TOEFL/ IELTS (mungkin perlu banget untuk yang pindah dari DN ke LN)
  4. Dokumen pendukung lainnya (misalnya surat rekomendasi atau lainnya

Alhamdulillah, semuanya tak perlu repot-repot dikirim via POS namun cukup dengan email saja ke PIC-nya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kampus tujuan. Umumnya jika kampus tujuan yang baru memiliki ranking yang lebih tinggi (biasanya mengacu pada QS university) maka proses pindah akan lebih mudah disetujui. Nah, kalau kasusnya kita akan berpindah dari kampus yang rankingnya tinggi ke ranking yang lebih rendah, saya dapet kabar bahwa ini akan sedikit “menegangkan”. Bisa saja disetujui, atau malah tidak, bahkan awardee bisa juga dipanggil ke LPDP untuk menjelaskan secara langsung perihal kepindahannya tersebut. Iiih, sereem kan ya. Tapi, dari pengalaman saya dan rekan-rekan lainnya yang mengajukan pindah dari kampus tinggi ke rendah rankingnnya, selama alasannya masuk akal dan banyak, hehe, rasanya akan lancar-lancar saja.

Untuk kasus saya yang pindah dari Todai ke Kyudai dengan ranking yang jauh beda (hampir 100 poin bedanya), saya mengutarakan beberapa alasan antara lain : Tidak berhasil menembus Todai karena program studi yang saya inginkan di Todai, ternyata tidak ada kelas internasionalnya (trus kenapa ente pilih kemaren Dhil ? (-_-#) hehehe), Kyushu Univ juga salah satu National University yang TOP di Jepang, mereka mempunyai kelas Int’l yang sudah dari tahun 1990an, saya sudah memiliki LoA dari kampus yang baru (Kyudai), sudah mendapatkan pembimbing (sensei) dengan profil akademik yang sangat baik, dan lain sebagainya. Itulah alasan-alasan kuat saya untuk mengajukan pindah unversitas.

Di beberapa kasus lainnya, ada beberapa awardee yang bahkan pindah dari kampus lama ke kampus yang baru namun tidak ada di list kampus tujuan belajar dari LPDP. Nah, ini kan akan lebih rempong sepertinya. Namun, karena alasan dan tujuan mereka memilih kampus yang baru tersebut tepat dan dapat dipertanggungjawabkan, misalnya : Universitas yang baru memang tidak terkenal, namun untuk salah satu program studi misalnya Penerbangan (Aviation), kampus ini adalah salah satu yang terbaik di dunia. Setelah itu Anda menyertakan surat rekomendasi/ pendukung pernyataan tersebut, maka alasan tersebut sangat masuk akal untuk diterima dan permohonan pindah Anda disetujui. Jadi, jangan takut jika suatu saat mengalami kasus seperti ini Kawan, LPDP tuh baik banget hehehe #promosi.

wpid-screenshot_2015-05-20-16-38-18.png
Surat Persetujuan Pindah Kampus

Saya mengajukan permohonan pindah pada tanggal 7 Mei dan Alhamdulillah disetujui pada tanggal 19 Mei-nya. Besoknya saya menerima email surat diatas. Nah, setelah pindah kampus disetujui kemudian akan langsung dikirimkan template untuk memperoleh Letter of Guarantee (surat sakti dari LPDP) dan kontak beasiswa yang harus ditandatangani. And, it means that you are getting closer to the day of your departure, please try not to cry, LOL.

(Updated 3 Des 2015)

Karena banyak yang meminta contoh surat pengajuan pindah universitas saya via email, untuk kemudahan kita semua saya sediakan link untuk download langsung di sini. Ini dia filenya (.docx) Surat Permohonan Pindah Universitas_Mohammad Fadhillah_PK22. Ucapan terima kasih cukup dengan cara meninggalkan komentar di blog ini agar saya tahu siapa yang men-download file tersebut.

Pada kasus saya, saya tidak buat Surat Rekomendasi dari pihak mana pun, jadi maaf saya tidak punya formatnya. Salam.

72 comments

  1. adisti Reply

    wah, saya mau nanya, waktu mengajukan universitas yang dibawah univ yang pilihan awal, apakah perlu sampai mengajukan surat rekomendasi dari profesor dan KBRI dari sana ya?

    • mfadhillah Post authorReply

      Dear Mba Adisti, Kalau dirasa perlu dan akan lebih meyakinkan dengan dokumen itu, kenapa tidak. Tapi, kalau tanpa itu alasan pindahnya sudah cukup kuat dan masuk akal (mis. Ranking yg baru lebih tinggi dari yang lama), saya rasa tidak perlu.

  2. sakawulan Reply

    Ternyata ada tulisan kamu yang na ya Dhil. Sebenernya yang aku pengen tau tentang hal ini, hehe semoga lancar juga kayak Fadhil 😀

    anw, sukses di Jepaaaaaang semoga bisa kesana 😀

  3. Jeihan Reply

    Selamat malam,saya juga berencana melakukan perpindahan universitas dalam beasiswa LPDP. Apakah boleh saya meminta contoh surat rekomendasi dari profesornya? Jujur saya belum begitu paham mengenai surat rekomendasi Prof untuk pindah universitas.

    Terima kasih.

  4. Ikhsan Bani Reply

    Apakah bisa untuk pindah dari kampus dalam negeri ke kampus luar negeri?
    Trims

  5. mfadhillah Post authorReply

    Beberapa waktu lalu bisa mas. Saya kurang tau akhir-akhir ini apa hal tersebut masih boleh atau tidak, karena kata Bu Ratna akan sedikit mengganggu sistem penganggaran LPDP jika banyak awardee yang melakukan hal demikian

  6. jodi hariawan Reply

    selamat sore mbak saya juga sedang mencoba untuk melakukan perpindahan univ dr dn ke ln bisa mnta contoh draft nya ?? trima kasih ☺☺

  7. Ilham Azenal Sacabrata Reply

    Selamat sore mas,

    saya pun ingin mengajukan perpindahan universitas. kebetulan setelah mendownload link yg tersedia tetap tidak terbaca di ms word. maukah berbaik hati untuk mengirimkan ke email saya terkait contoh dari surat permohonan perpindahan uni? email saya : sacabrata@gmail.com

    terimakasih.
    Ilham Sacabrata

  8. amelinda pratiwi Reply

    Assalamu’alaikum
    Selamat pagi mas, perkenalkan saya amel pk-53, saya ingin sharing ttg apply di kyushu mas. Karena saya juga ada prof disana, dan ingin mengajukan perpindahan. Apakah saya bisa sharing melalui email mas, berikut email saya amelspratiwi@gmail.com saya akan sangat berterimakasih jika mas bersedia membagi pengalaman.

    terimakasih mas

    • fadhil Reply

      Wa’alaikumussalam mbak Amelinda. Saya sudah tulis sebagian besar disini, pun surat perpindahannya sudah ditautkan ke tulisan ini. Apa ada yang masih belum jelas ? Saya bisa dihubungi di mohammad.fadhillah(at)gmail.com jika ada yang ingin ditanyakan. Terima kasih

  9. Sayu Reply

    Halo mas Fadhil,
    Perkenalkan nama saya Sayu awardee LPDP PK-43. Terima kasih sudah sharing pengalamannya. Kalau tidak keberatan, boleh saya tanya-tanya lebih lanjut tentang perpindahan univ lewat email? Ada kemungkinan saya juga akan mengajukan perpindahan ke kampus yang ranking nya lebih rendah.

    Kalau mas tidak keberatan ya, hehe. Terima kasih.

  10. Yulian Reply

    Salam kenal Mas, thanks infonya membantu sekali.
    Kalau boleh, minta tolong saya dikirimi surat permohonan pindahnya Mas, soalnya link-nya kok ndak bisa dibuka ya.

    Matur nuwun sebelumnya
    Yulian
    yulian_tiugm@yahoo.co.id

    • fadhil Reply

      Salam kenal juga. Kok ndak bisa ya ? Padahal saya attach disini biar lebih mudah bagi yang mau ngunduh. Hmm, Boleh dicoba lagi linknya mas ? kalo ndak bisa nanti saya kirimkan via email.

  11. Dian M N Reply

    selamat siang Mas,
    salam kenal..
    Saya Dian, PK-42. Kebetulan mau mengajukan perpindahan Univ..
    terimakasih contohnya mas..

    Best regard,
    Dian Meididewi N

  12. rizky Reply

    Terima kasih Fadhil share-nya, saya awardee dari PK-33 salam kenal.

  13. Indah Reply

    Halo, mas fadhil. Salam kenal. Saya indah. Baru saja lulus seleksi wawancara lpdp gel 1 2016. Saya berencana pindah universitas, apakah sebaiknya dilakukan sebelum atau sesudah pk? Terima kasih contohnya.

    • fadhil Reply

      Halo mbak Indah, sepertinya bisa mengajukan pindah sebelum atau sesudah PK. Sebaiknya secepat mungkin sih

  14. Ika latifa Reply

    Salam kenal mas fadhil, saya ika dan baru dinyatakan lolos seleksi wawancara gel 1 2016, pada saat mendaftar saya mencantumkan universitas tujuan di X, seandainya saya berencana untuk pindah ke univ Y yang grade nya lebih tinggi utk program studi pilihan saya, keduanya univ dalam negeri, kira-kira boleh tidak ya? Trs apakah prosedurnya juga sama spt pindah dr DN ke LN?
    Terima kasih sebelumnya..

    • fadhil Reply

      Kasusnya kurang lebih sama, saya belum tahu pastinya. Mungkin bisa ditanyakan langsung ke CS LPDP 🙂

  15. Nabila Reply

    Hallo mas Fadhil, pengalaman mas kemarin proses perpindahanya cukup dengan surat tsb dan loa saja mas? Wah alhamdulillah ya kalau iya, ternyata tidak seribet yang saya bayangkan. Sekarang ini saya mau mengajukan pindah program studi pada universitas yang sama.. moga-moga bisa cepat dilancarkan seperti mas dan teman-teman lain. Btw terimakasih ya mas, saya izin download format suratnya 😀

    • fadhil Reply

      Tidak ribet kok mbak, dilengkapi sesuai yang diminta. Aamiin. Semoga proses pindah universitasnya dilancarkan

  16. Silmy Reply

    Salam kenal mas Fadhil…sy Silmy
    terima kasih mas, info n template surat nya sangat membantu
    Mohon doanya mas, mudah2an dilancarkan pengurusannya…

    sy izin download ya…

  17. tresya Reply

    Assalam Mas Fadhil. Saya tresya awardee pk 51, saya berencana pindah univ. Dsri monash(67) ke glasgow(62) brdasarkan QS World. Tapi aku sdikit ragu krna bedamya hanya sedikit ajaa mas. Itu perlu surat rekomendasi juga ya mas? Oh ya, saya boleh minta berkas” perpindahan mas juga surat rekomendasi dari prof lama? Buat referensi sayaa mas, hehe email saya tresya.bebie@gmail.com
    Trima kasih.

    • fadhil Reply

      Wa’alaikumussalam, saya hanya bisa berbagi file yang diatas saja mbak. Kalau surat rekomendasinya tidak bisa

  18. Rizki Rahmad Reply

    Terimaksih ya mas fadil atas sharing pengalamannya. Semoga sukses selalu

  19. Ratna Reply

    Terimakasih banyak ya mas 🙂
    berguna sekali ini…jd referensi. Jazakallah khoir

  20. Ratna Reply

    Terimakasih banyak ya mas 🙂
    berguna sekali ini…jd referensi. Jazakallah khoir

  21. Agnita Reply

    Ijin download filenya ya Mas.
    Terima kasih.
    Sukses untuk studynya 🙂

  22. Diyah Reply

    Terima kasih mas Fadhil infonya sangat membantu, ijin download suratnya ya, terima kasih. Sukses ..

  23. rahmi Reply

    Salam kenal, Fadhil 😉
    Saya izin download file nya ya. Terima kasih sebelumnya, tulisannya bermanfaat sekali 🙂

  24. Sandy Reply

    Salam kenal, Fadhil,

    Terima kasih filenya ya, kebetulan lagi berusaha ngurus pindah negara n univ. Smoga dilancarkan spt Fadhil 🙂
    Sukses studinya yaaa…

  25. Herza Reply

    Terima kasih informasinya mas Fadhil..terima kasih juga buat contoh format surat nya mas..

  26. Ardi Irvan (PK-89) Reply

    Terima Kasih mas Mas Fadhil. Informasinya sangat membantu. Saya ijin download template surat pengajuan pindah universitasnya ya.

  27. Josia Reply

    Salam kenal mas Fadhil, saya Josia. surat pengajuan pindah universitasnya ya. Terima kasih sudah sangat membantu.

  28. Nursehan Sugiharto Reply

    Mohon ijin download file surat permohonan perpindahan kampus nya ya mas. Saya lulus Batch 4 2016, program doktor luar negeri. Saat ini masih menunggu panggilan pengayaan bahasa, karena saya jalur LPDP Afirmasi. Salam kenal dan terima kasih.

    • fadhil Reply

      Sudah saya taro tautan untuk unduhnya di bawah mbak. Nggak keliatan kah ? Surat rekomendasi saya nggak punya, mohon maaf

  29. Renita Rachma Dewi Reply

    Salam kenal Mas Fadhil, Saya ijin mendownload template surat pengajuan pindah universitasnya ya. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *