Skor TOEFL ITP Keluarr

Tidak sabar menunggu satu minggu kemudian setelah tanggal 23 Februari 2013. Kenapa ? seperti di tulisan sebelumnya, pada tanggal itu saya mengambil tes TOEFL ITP di UPT Bahasa IPB Darmaga dan hasilnya akan diumumkan seminggu setelahnya. Ya ya ya, berarti kalau tidak Jum’at atau Sabtu ini.

Jum’at (1/3). Sms ke UPT Bahasa Darmaga “Pak, hasil toefl ITP tgl 23 feb kpn bisa diambil ?”. “Score ITP sdh bs diambil mulai hari ini di Gn Gede, ambil di Darmaga mulai hr Senin”. Setelah itu langsung mikir, mau ngambil kapan ya. Sepertinya Sabtu aja, soalnya Jum’at tidak memungkinkan. Kalo nunggu ngabil hasil di Darmaga bisa nggak tidur karena penasaran. #lebaii

Sabtu (2/3). 11.40 berangkat ke kampus IPB Gunung Gede, sebelumnya nggak tahu lokasi kampusnya, lebih tepatnya nggak sadar sih. Lokasi UPT Bahasa Gn Gede di kampus IPB Gunung Gede, depan Kantor Telkom Bogor, Jalan Raya Pajajaran. Di belakang Masjid Al-Ghifari, di Gedung kuliah B lt 2 klo nggak salah. “Pak, mau ngambil hasil TOEFL ITP kemarin yang tanggal 23 Februari”. “Namanya siapa ?”. “Mohammad Fadhillah”. “Tanda tangan dan tulis tanggal di sini. Ini hasilnya, ini amplopnya”. “Makasih Pak (sambil ngelirik skor sendiri di sampingnya”.

Dan hasilnya adalah……. Alhamdulillah (All praises to Allah). Jika dibandingkan dengan TOEFL like test kemarin, Alhamdulillah lebih tinggi namun belum mencukupi target. Nanti ya, di bawah kita bahas skornya plus itung-itungan. Bersyukur sekali skornya sudah segini karena satu minggu persiapan dicampur sama kecanduan game online pula saat itu, dan akhirnya main game online-nya yang lebih banyak dari pada belajarnya. Jangan ditiru adegan ini, #lho.

Sebelum hasilnya keluar sebenarnya saya sudah sempat mau nulis pendapat saya tentang “Perbandingan Soal TOEFL Prediction dan TOEFL ITP”, tapi niat itu diurungkan karena hasil TOEFL ITP belum keluar jadi tidak ada alat bukti yang menguatkan dugaan ini. #bahasaKPK. Setelah “alat bukti” saya dapatkan saya tulislah tulisan ini. Jika dibandingkan, Soal prediksi lebih susah dibandingkan dengan soal TOEFL yang sebenarnya (ITP). Kok bisa ? Oke, saya sampaikan alasannya berdasarkan skor saya. Di prediksi saya cuma mendapatkan 483 dengan rincian skor : Listening : 460, Structure and Written Expression : 470, Reading Comprehension : 520. Dengan skor listening segitu berarti saya menjawab benar 22 soal dari 50, structure menjawab benar 23 soal dari 40, dan reading menjawab benar 35 soal dari 50. Ini dapat dilihat dari tabel konversi skor TOEFL di buku “Upgrade TOEFL Score: Rahasia Melejitkan skor TOEFL“. Nah, hasil TOEFL ITP saya 533 dengan rincian  Listening : 540, Structure and Written Expression : 540, Reading Comprehension 520. Dengan skor  segitu saya sudah menjawab soal listening dengan benar 35 soal dari 50, structure menjawab benar 30 soal dari 40, dan reading menjawab 35 soal dari 50.
Image

Image

Sebenarnya alasan yang ingin saya tekankan bersifat subjektif sih, hanya berdasarkan perasaan setelah ngambil ITP lebih mudah rasanya dibandingkan prediksi dan ternyata hasilnya pun demikian. Ini belum memperhitungkan pengaruh baca-baca (belajar) sebelum ngambil masing-masing tes tersebut sih. Jadi boleh percaya boleh nggak. Masalahnya, sewaktu prediksi kondisinya lebih parah. Saya sama sekali nggak belajar. #nyarimati.

Oh ya, niat saya menulis skor saya di tulisan ini sama sekali bukan untuk pamer lho. Niat saya biar yang mau/ berencana ngambil tes-tes TOEFL semacam ini sudah punya banyangan, minimal nggak nge-blank banget sebelum ngambil tes. Selain itu, belum banyak tulisan yang ngebahas tentang TOEFL. Jadi yang berniat mengambil tes TOEFL persiapkan diri dengan matang ya, supaya targetnya tercapai dan uang tidak kembali keluar (untuk tes lagi).

Semoga Bermanfaat.

21 comments

  1. Nursyamsi Reply

    mas jenis toefl Ibt dan ITP itu apa? saya rencana ikut beasiswa S2, saya hrus ikut test toefljenis mana?thaks

    • mfadhillah Post authorReply

      Yang berlaku internasional itu TOEFL iBT (internet-based test). Kalau mau daftar beasiswa S2 sebaiknya lihat dlu persyaratan yang diminta Mas. Kalau daftar beasiswa yang pendaftarannya bisa atau dilakukan di dalam negeri biasanya cukup TOEFL ITP.

  2. stella Reply

    mas.. kalau sertifikat dri ets ada gak tgl tebit sertifikatnya dan no sertifikatnya?..

  3. Viki Wulandari Reply

    Mas Fadil..salam kenal.
    Aku Viki dr Unhas Makassar. Tertarik banget mau daftar di Kyushu University. Boleh minta email ndak? Saya pengen nanya2 gitu. Makasih sebelumnya Mas.

  4. Meira Reply

    Boleh tanya? Nomor Sertifikat ITP Keluaran ETS tuh liat sebelah mana ya?
    Terima kasih

    • fadhil Reply

      Saya juga kurang tau mbak. Nggak pernah ditanya soal itu

  5. Arimbi Reply

    Halo mas mau tanya.. masnya sebelum ambil toefl ITP ini pasti pernah ambil yang prediction ya.. saya mau tanya, menurut masnya apakah tes prediction dengan yang asli mirip2? dan untuk tingkat kesulitannya, apakah yang asli jauh lebih sulit atau sama dengan prediction ya mas? Thank you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *